Skip to Content

Analogi Jaringan Komputer

Table of Contents

Analogi Jaringan Komputer

Pada saat ini, istilah komputer awalnya dianggap sebagai seperangkat alat yang terdiri atas monitor, keyboard, Mouse, hingga Personal Computer (PC) desktop yang relatif berat dan sulit dibawa telah berevolusi menjadi lebih ramping dan berteknologi micro. Dengan bentuk yang lebih ringan dan kecil, teknologi komputer yang terdapat pada peranti tersebut memiliki kecepatan dan kinerja yang tak kalah dari komputer atau PC, seperti PC tablet, Ponsel pintar, ponsel genggam, netbook, notebook, dan sebagainya. Mengapa teknologi tersebut bisa dikategorikan sebagai komputer? karena peranti-peranti tersebut memiliki alat input seperti keyboard, alat pemrosesan seperti processor, RAM, hard disk, dan alat output berupa layar monitor dengan ukuran tertentu. Dengan peranti tersebut, dapat saling berhubungan satu sama lain dalam sebuah jaringan. Namun, ketika mesin tersebut Hanya bekerja sendiri dan tidak terhubung dengan komputer lain, disebut sebagai komputer stand alone.

Perangkat-perangkat komputer tersebut dapat terhubung satu sama lain melalui media tertentu menggunakan aturan protokol yang sama yaitu disebut jaringan komputer. jaringan komputer atau computer network merupakan hubungan antara beberapa peranti keras (komputer) melalui media transmisi tertentu dengan aturan atau protokol yang sama sehingga memungkinkan untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. contoh komunikasi ini adalah chatting, berkirim email, sharing data, dan sebagainya. Prinsip dasar jaringan adalah proses Pengiriman data dari pengirim penerima melalui media komunikasi tertentu.

analogi jaringan komputer

Gambar transmisi data jaringan

Komunikasi data dalam sebuah jaringan komputer dapat terjadi jika adanya peranti pengirim (sender) yang melakukan pengirim data ke sebuah peranti penerima (reciver) sebuah media transmisi tertentu. Data yang ditransmisikan dalam jaringan dapat berupa sinyal digital atau sinyal analog.

1. Sinyal Digital

Sinyal digital adalah gelombang data yang dipancarkan dalam bentuk pulsa yang mereferensikan tinggi rendahnya buah tegangan. Terdapat dua buah nilai keadaan pada sinyal digital, yaitu 0 dan 1 atau bilangan digit (bit). Sinyal digital merupakan sinyal yang secara default dikirimkan dan diolah oleh peranti elektronik khususnya komputer dalam melakukan komunikasi dengan peranti lainnya dalam sebuah jaringan. Karena besar tegangan yang rendah, sinyal digital kurang baik jika ditransmisikan dalam jarak jauh sehingga memungkinkan terjadinya lost data yang cukup besar. Namun, sinyal ini memiliki keakuratan dan kecepatan transmisi yang lebih baik dibandingkan Analog dan tidak memerlukan peranti tambahan seperti modem untuk melakukan proses modulasi.

2. Sinyal Analog

Sinyal analog merupakan data yang ditransmisikan gelombang sinusoidal secara kontinu yang mengandung informasi tertentu. Perbedaan utama antara sinyal analog dan digital adalah bentuk dan besar gelombang. Pada sinyal analog terdapat dua parameter penting yang memengaruhi kualitas sinyal, yaitu amplitudo dan frekuensi. Amplitudo adalah tinggi rendahnya Sebuah gelombang dalam aliran sinyal analog, sedangkan frekuensi merupakan banyaknya getaran atau gelombang per detik dalam sinyal analog.

Sinyal analog dapat bekerja pada guided transmission media seperti besi dan tembaga, maupun unguided transmission media seperti udara dan sinar. Kelebihan sinyal analog adalah mampu bekerja dan mentransmisikan data dalam jangkauan yang cukup jauh sehingga sangat cocok digunakan pada system broadcast seperti siaran radio dan transmisi WiFi. Namun, kelemahan sinyal analog adalah sangat Mudah terpengaruh oleh noise seperti gelombang elektromagnetik, cuaca, aliran listrik, dan ketinggian gedung.

analogi jaringan komputer

Gambar Bentuk sinyal

Manfaat jaringan

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (transmitter) menuju penerima (receiver) melalui media komunikasi. dalam membangun jaringan komputer memang tidak semudah tujuannya. ada beberapa kendala dalam membangun jaringan komputer, yaitu sebagai berikut.

  • Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan cara memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
  • Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari noise.

Teknologi yang menerapkan jaringan komputer guna membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari memiliki sejumlah manfaat besar, antara lain sebagai berikut.

  • Berbagi informasi dan sumber daya Jaringan komputer yang memungkinkan beberapa komputer untuk saling memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada, seperti printer, hardisk, peripheral lainnya.
  • Integrasi Data Memudahkan integrasi data sehingga dapat mengambil data di tempat yang terpisah.
  • Komunikasi Memungkinkan terjadinya komunikasi data antar user lewat email dan teleconference.
  • Distributed Processing Mencegah ketergantungan pada setiap komputer secara terpusat karena proses tersebut dapat dikerjakan oleh beberapa komputer.
  • Keteraturan aliran Informasi Data yang telah diolah menjadi informasi dapat didistribusikan secara mudah ke setiap orang tanpa terbatas oleh waktu, tempat, dan biaya.
  • Keamanan Data Dengan jaringan, data dapat dijaga mananya dengan cara memberi batasan hak akses user terhadap data.
  • Koneksitas berbagai jenis dan mrek komputer Terjadinya koneksitas dan komunikasi antar komputer yang berbeda-beda merek, jenis, dan standar protokolnya.

Tugas

A. Uji Pengetahuan
  1. Jelaskan cara sebuah sistem komputer dapat bekerja.
  2. Jelaskan prinsip kerja sebuah jaringan.
  3. Apa perbedaan sinal digital dan sinyal analog?
  4. Tuliskan manfaat jaringan komputer.
B. Tugas Praktik
  1. Buat kelompok dengan maksimal anggota sebanyak tiga siswa.
  2. Lakukan identifikasi tentang jenis-jenis peralatan jaringan yang menghubungkan laptop anda dengan internet. apakah terkoneksi menggunakan kabel atau wireless?
  3. Jika menggunakan wireless, catatlah beberapa spesifikasi peranti tersebut antara lain sebagai berikut.
    • Nama SSID wifi.
    • IP address.
    • Kecepatan transfer data.
    • Proxy yang menghubungkan klien dengan internet.
  4. Lakukan dokumentasi dengan memotret setiap peranti tersebut. Kemudian presentasikan di depan kelas hasil pengamatan anda tentang peranti jaringan tersebut yang meliputi seri, merek, dan spesifikasinya.
Categories:
comments powered by Disqus