Skip to Content

Apa Itu VPS ?

Table of Contents

Mungkin istilah virtual server sudah cukup familiar di telinga anda, seperti halnya qemu, Oracle virtual machine, dan Vmware. konsep yang ditawarkan dalam teknologi virtual adalah sistem Dalam sistem fisik. artinya ada sistem yang secara virtual bekerja dalam sebuah sistem lain. meski bersifat virtual, tetapi secara konsep kerja, memiliki ciri dan karakteristik yang sama dengan aslinya. tuntutan utama dari penerapan teknologi virtual ini adalah kebutuhan spesifikasi hardware yang harus tinggi dengan dukungan layanan sistem operasi yang handal.

VPS atau virtual private server merupakan teknologi server side yang memungkinkan sistem komputer yang dibangun dari hardware dan sistem operasi dengan dukungan software virtual mampu menjalankan virtualisasi mesin yang berdiri secara mandiri dengan cara berbagi resources hardware dan sistem mesin mesin virtual tersebut memiliki virtual hardware yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, dengan tujuan untuk melayani kerja sistem operasi dan berbagai jenis layanan yang akan diinstal ke dalamnya virtual mesin tersebut dapat bekerja seperti layaknya mesin server secara fisik, karena memiliki spesifikasi hardware, sistem operasi, dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya sehingga Anda dapat melakukan remote dan mengelola dari jarak jauh.

Konsep Teknologi VPS

Anda dapat mengkonfigurasi VPS sesuai dengan kebutuhan tanpa khawatir mengubah konfigurasi pada server utama. VPS sering menjadi alternatif utama Ketika anda membangun sebuah layanan dengan frekuensi akses cepat dan banyak, seperti cloud computing, robot software for trading, bot software, hosting, file server, dan game server. contoh-contoh provider penyedia jasa sewa VPS antara lain seperti digitalocean.com, cloudkilat.com, Alibabacloud.com, socialVPS.net, dan lain-lain. berikut adalah informasi yang dapat dijadikan pertimbangan memilih teknologi VPS dalam membangun hosting.

  1. VPS tidak memiliki bentuk secara fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dikonfigurasi secara langsung layaknya sebuah komputer.
  2. Request sewa VPS dan konfigurasi biasanya dilakukan secara jarak jauh Melalui aplikasi tertentu seperti web browser. perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan VPS akan meminta anda untuk mendaftar menjadi member terlebih dahulu, dimana pola pembayaran bisa dilakukan melalui transfer antar bank atau melalui kartu kredit dan Paypal.
  3. Dari sisi teknologi, VPS bekerja layaknya sebuah mesin server nyata yang bekerja secara mandiri karena memiliki struktur hardware seperti clock processor, kapasitas RAM, ukuran penyimpanan hardisk yang besar, IP address, port number, tables, dan routing.
  4. Pada VPS tersebut, Anda juga dapat membangun layanan server tertentu dengan kebebasan melakukan pemilihan instalasi OS dan dukungan perangkat lunak yang dibutuhkan.
  5. Manajemen file dan proses dalam VPS seperti add, delete, dan modify tidak mengganggu virtual server lainnya apa lagi server utama.
  6. Cara melakukan set up dan memanajemen VPS adalah dengan metode remote, misalnya OS Linux dengan remote SSH dan Windows dengan remote desktop.
  7. Jika anda berlangganan VPS pada sebuah provider maka anda tidak perlu melakukan perawatan secara fisik, karena perawatan dan maintenance secara rutin dilakukan oleh provider, kecuali perawatan sistem internal dalam VPS, seperti kapasitas hardisk yang penuh
Categories:
Tags: VPS
comments powered by Disqus