Skip to Content

Definisi Komputer

Table of Contents

secara umum komputer bisa didefinisikan sebagai rangkaian elektronik untuk memproses suatu data. data adalah fakta, angka, huruf, simbol, yang diproses komputer menjadi suatu informasi yang bermakna. contohnya surat-surat perusahaan, bisa laporan keuangan atau proyek perusahaan, setelah data di masukan ke komputer, data bisa diambil kapan saja, bisa dicetak, ataupun dikirim ke orang lain menggunakan internet.

Komputer dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelompok utama: komputer pribadi, minicomputer, komputer mainframe, dan superkomputer. pada artikel ini berfokus pada komputer pribadi, yang dikenal sebagai PC (Personal Computer).

pada udah tau kan komputer pribadi?, ya! komputer pribadi adalah komputer yang dimaksudkan untuk digunakan oleh satu orang di satu waktu, Biasanya PC ini terdiri dari kasing yang berisi komponen-komponen elektronik penting dari komputer, seperti monitor untuk menampilkan data-data, kemudian ada keyboard yang digunakan untuk memasukan data ke komputer.

nah Kasing adalah kotak tempat sebagian besar komponen komputer disimpan, dan dirancang untuk melindungi komponen penting dari komputer tersebut. Didalam kesing berisi power supply, motherboard, prosesor, RAM, floppy drive, hard drive, drive optik (DVD room), dan kartu ekspansi.

Processor

Komputer ini dibangun di sekitar sirkuit terpadu yang disebut prosesor (juga dikenal sebagai mikroprosesor dan unit pemrosesan pusat [CPU]). Itu dianggap sebagai “otak” komputer karena semua instruksi yang dilakukannya adalah perhitungan matematis dan perbandingan logis. Prosesor adalah komponen utama komputer. Processor dicolokkan ke papan sirkuit besar yang disebut motherboard.

Motherboad

Motherboard memungkinkan prosesor untuk bercabang dan berkomunikasi dengan semua komponen komputer. Ini dapat dianggap sebagai sistem saraf PC. Motherboard sering digambarkan oleh faktor bentuknya (dimensi fisik, ukuran, dan tata letak). Motherboard yang lebih tua didasarkan pada Baby AT. Faktor bentuk yang lebih baru termasuk ATX (termasuk mini-ATX, Micro-ATX, dan Flex-ATX), NXL, dan BTX. Berbeda dari faktor bentuk AT Bayi, papan ATX memiliki slot ekspansi yang sejajar dengan sisi pendek papan, yang memungkinkan lebih banyak ruang untuk komponen lain. Prosesor dan RAM berada di sebelah catu daya sehingga panas yang dihasilkan oleh CPU dan RAM segera dikeluarkan dari casing untuk mengurangi jumlah panas yang terperangkap di dalam casing. Selain itu, prosesor dan modul memori dapat diganti atau ditingkatkan tanpa melepaskan kartu ekspansi apa pun.

comments powered by Disqus