Skip to Content

Instalasi Driver Perangkat Keras Komputer

Table of Contents

Apa itu Driver ?

Driver adalah perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Driver komputer bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi (SO).

Fungsi dari driver komputer

Dalam dunia komputer driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan SO, setiap perangkat keras di komputer berbicara /bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri (tindak menggunakan command yang distandarkan). Fungsi utama driver komputer adalah menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware dengan sistem operasi atau aplikasi.

Macam-macam driver komputer

Berdasarkan kegunaannya, driver dibedakan menjadi 9 macam yaitu :

  1. Driver audio (Sound Card): Komponen ini berhubungan dengan audio atau suara pada komputer.
  2. Driver BIOS: Komponen ini berhubungan dengan motherboard didalam komputer.
  3. Driver Chipset: Komponen ini berhubungan dengan komponen chip/processor pada motherboard.
  4. Driver Graphics (VGA): Komponen ini berhubungan dengan visual atau grapich (GPU) pada tampilan monitor komputer.
  5. Driver Keyboard: Komponen ini berhubungan dengan kinerja keyboard.
  6. Driver Mouse: Komponen ini berhubungan dengan mouse atau track pad.
  7. Driver Storage (harddisk): Komponen ini berhubungan dengan alat penyimpan data seperti harddisk.
  8. Driver Webcam: Komponen ini berhubungan dengan kamera web.
  9. Driver Network (wifi, Land Card, Bluethoot): Komponen ini berhubungan dengan koneksi ke internet.

Bagaimana Cara Instalasi driver pada komputer?

Dalam menginstal driver, biasanya kebanyakan orang bisa mendapatkannya secara langsung DVD driver saat pembelian hardware, atau dari situs vendor ataupun melalui Windows Update.

  1. Menginstal driver secar manual
    Pertama buka Device Manager lalu pilihlah device yang ingin di update. Misalnya, disini mengupdate driver Camera bawaan laptop, klik kanan lalu pilih Update Drive Software. ![device-manager] (/img/kjd/instal-driver/device-manager.jpg) Kemudian akan diberikan pilihan dengan cara apa ingin meng-update driver. Men-download dan menginstal driver secara online, cara menginstalnya secara manual, maka pilih opsi kedua yaitu Browse my computer for driver software.![update-manager] (/img/kjd/instal-driver/update-driver.jpg) Pilih opsi Let me pick a list of device drivers on my computer untuk mencari driver yang build-in dengan Windows dan sudah kompatibel dengan perangkat.![device-manager] (/img/kjd/instal-driver/browser-for-driver.jpg) Pada proses selanjutnya, pastikan opsi Show compatible devie sudah tercentang. Dengan begitu akan muncul pilihan driver yang build-in dengan Windows dan direkomendasikan, yang ditandai dengan digitaly signed, artinya driver tersebut original dan tidak menimbulkan masalah pada device. Jika sudah klik Next.![device-manager] (/img/kjd/instal-driver/select-driver.jpg) Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi driver selesai. Jika sudah maka kamu bisa menutup jendela wizard dan device manager. ![device-manager] (/img/kjd/instal-driver/successfully.jpg)

  2. Menginstal driver dengan DriverPack Solution
    _“Driver pack merupakan kumpulan beberapa driver berbagai tipe jenis motherboard atau main board yang di paketkan menjadi satu.”

comments powered by Disqus