Skip to Content

Melakukan Perawatan Komputer

Table of Contents

Prosedur Pembersihan Komponen Komputer

Untuk melakukan pembersihan komponen pada PC harus melalui cara atau prosedur tertentu. Berikut beberapa komponen PC yang perlu dilakukan perawatan.

a. Casing

Pada casing PC biasanya terdapat power supply, fan dan led indikator beserta saklar atau tombol-tombol power dan reset. Permasalahan yang sering terjadi dalam casing komputer adalah debu yang terbawa oleh fan casing komputer itu sendiri atau sarang serangga. Sehingga selain mengganggu keindahan juga dapat berdampak jelek pada fan dan komponen lain. Alat yang digunakan untuk membersihkan casing komputer cukup dengan kuas atau dengan penyedot debu Mini. Perhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat hentakan terutama pada bagian kabel untuk tombol saklar. Pada bagian belakang yang perlu dibersihkan adalah pada bagian ventilasi atau tempat fan.

gambar

b. CD atau DVD Room

Langkah untuk perawatan CD/DVD yaitu membersihkan optik atau lensa dari debu atau kotoran lain, dengan menggunakan CD cleaner. langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:

  • Operasikan komputer seperti biasa

  • Masukkan CD cleaner : CD cleaner akan berputar dan sikat atau sirip yang melekat pada kepingan CD akan menyikat optik atau lensa pada CD/DVD room

    gambar

c. Hardisk

Untuk melakukan perawatan dilakukan dari sisi hardware dan software, untuk dari sisi hardware cukup bersihkan hardisk dari debu dengan menggunakan kuas, untuk dari sisi software lakukan disk defragmenter secara berkala dengan menggunakan aplikasi disk defragmenter, lakukan scan disk pada hardisk, untuk memeriksa kondisi hardisk ada badsactor atau tidak.

gambar

d. RAM

Gangguan pada Ram terletak pada konektor atau kaki-kakinya, dimana jika RAM sering dilepas dan tersentuh oleh tangan dapat menyebabkan korosi bahkan RAM dapat rusak akibat listrik statis. Untuk membersihkan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab lainnya, dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus dengan cara menggosokkan pada kaki RAM. Selain itu perlu juga dipastikan RAM terpasang dengan kuat dan sempurna.

gambar

e. Power supply

Perawatan yang perlu dilakukan untuk merawat power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena fan inilah yang mampu mengurangi panas pada power supply.

gambar

f. Processor

Untuk perawatan pada prosesor adalah dengan memperhatikan tata letak heatsink fan sehingga udara dapat berputar dengan lancar, dan perhatikan kondisi fan Apakah banyak debu, jika banyak debu bersihkan dengan kuas. kemudian periksa kondisi jel thermal sudah kering, jika sudah kering bersihkan processor dan oleskan jel thermal yang baru.

gambar

g. Motherboard

Perawatan yang dilakukan pada motherboard adalah dengan menjaga suhu motherboard, yaitu dengan merapikan kabel-kabel yang tersambung pada motherboard agar memperlancar sirkulasi udara pada casing komputer. untuk gangguan dari debu dan Sarang serangga cukup dibersihkan dengan kuas atau penyedot debu Mini dengan menyesuaikan ukuran sikat pada sudut yang sempit.

gambar

h. Expansion card (Komponen Tambahan)

Untuk perawatan expansion card, perlu diperhatikan kaki-kakinya dari pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain. perawatannya cukup dengan cairan pembersih korosi atau dengan menggosok dengan karet penghapus. Selain itu perlu juga dipastikan expansion card terpasang dengan kuat dan sempurna.

gambar

Lembar Kerja

Alat dan Bahan
  1. Unit komputer
  2. Alat pembersih yang meliputi : kuas, penyedot debu, obeng +/-, kain lap, penghapus pensil.
Keselamatan kerja
  1. gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
  2. Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.
Langkah Kerja
  1. siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini
  2. Amatilah kondisi kebersihan komponen PC yang ada, catat dalam hasil pengamatan.
  3. melakukan perawatan kebersihan masing-masing komponen PC dengan berpedoman pada uraian materi kegiatan belajar
  4. Buatlah rangkuman perawatan yang telah anda lakukan pada langkah kerja kedua untuk masing-masing komponen PC. masukkan ke Tabel 1
  5. laporkan hasil pekerjaan kepada guru
  6. jika semua telah selesai rapikan alat dan bahan

Tabel 1 Rangkuman Perawatan Komponen PC

No Jenis Komponen Kondisi Faktor Penyebab Perawatan yang dilakukan
1 RAM Terdapat korosi pada kaki-kaki debu/penggunaan sudah lama Membersihkan dengan penghapus
2 Processor
3 Hardisk
4 Motherboard
5 CD/DVD rom
6
7
Categories:
comments powered by Disqus