Skip to Content

Membuat Kabel Straight Dan Crossover

Table of Contents

Pada artikel ini kita akan melakukan crimping terhadap kabel UTP (Unshilded Twisted pair) menggunakan konektor RJ-45 agar bisa digunakan untuk menghubungkan hardware perangkat jaringan. sebelum kita mulai perhatikan gambar berikut.

gambar

Inilah gambar lengkap, tentang penjelasan T568A dan T568B pada kabel UTP (Unshielded twisted-pair) Cross dan Straight.

Pada gambar diatas, terdapat pengertian, dari warna kabel 1 - 8 yang digunakan untuk jalur Rx (receiving) dan Tx (transmitting) hanyalah 1, 2, 3, dan 6. Sedangkan pengertian + atau - adalah arus listrik seperti halnya pada baterai, terdapat + dan - . Port interface yang hanya menggunakan 1, 2, 3, dan 6 adalah jenis interface port 10/100 atau port interface internet yang berkecepatan 10 Mbps dan 100 Mbps. kabel yang bernomor 4, 5, 7, dan 8 biasa digunakan PoE jadinya akan unused (tidak digunakan) tetapi ada baiknya meskipun unused sebaiknya tetap dipasang juga jadi biarkan tetap ada 8 kabel.

Dan pada interface gigabit ethernet atau yang berkecepatan 1 Gbps / 1000 Mbps kabel dari 1 - 8 tersebut digunakan semua untuk jalur koneksi, tiap TP (twisted pair/pasan) atau tiap satu Tx Rx memiliki kecepatan 250 Mbps sedangkan TP atau Tx Rx tersebut memiliki 4 kecepatan 250 Mbps x 4 = 1 Gbps.

Cara Membuat Kabel Jaringan

Sebelum memulai, bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Kabel UTP
  2. Konektor RJ-45
  3. Alat Crimping
  4. Penguji Kabel (Cable Tester)

gambar

Berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah pembuatan kabel straight atau crossover.

  1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm, menggunakan pengupas kulit kabel pada alat crimping atau bisa menggunakan alat khusus pengupas kulit kabel, seperti pada video berikut.

  2. Buka pilinan kabel kemudian luruskan kabel yang masih kusut.

  3. Susun rapi delapan kabel tersebut mengikuti standar Kabel Twisted Pair T568A atau T568B.

Jika lupa susunan kabel bisa dilihat pada gambar berikut. gambar

  1. Ratakan ujung kabel dengan memotongnya menggunakan tang crimping.

  2. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ-45, pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.

  3. Ulangi tahap 1 - 5 untuk Ujung kabel yang lainnya sampai kedua ujung selesai dibuat, seperti gambar berikut. gambar

  4. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, uji menggunakan Lan tester. Jika yang dibuat kabel crossover maka lampu pada kabel tester akan menyala seperti pada gambar berikut. gambar

Jika yang dibuat kabel straight maka lampu pada kabel tester akan menyala seperti pada gambar berikut. gambar

comments powered by Disqus