Skip to Content

Jaringan Client Server

Mengenal Jaringan Client Server

Jaringan Client Server menghubungkan komputer Server dengan komputer client. Komputer server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer client yang terhubung dalam jaringan. Sedangkan komputer client adalah komputer yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh komputer server. Komputer server pada sebuah jaringan tipe Client Server disebut dengan Dedicated Server, karena komputer yang digunakan hanya sebagai penyedia fasilitas untuk komputer client. Komputer Server tidak dapat berperan sebagai komputer client.

Keunggulan tipe jaringan Client Server :
  • Terdapat administrator jaringan yang mengelola sistem keamanan dan administrasi jaringan, sehingga sistem keamanan dan administrasi jaringan akan lebih terkontrol
  • Komputer Server difungsikan sebagai pusat data yang ada dari komputer client manapun. Apabila terdapat komputer client yang rusak, pengguna masih dapat mengakses data dari komputer client yang lain.
  • Pengaksesan data lebih tinggi karena penyediaan dan pengelolaan fasilitas jaringan dilakukan oleh komputer server. Dan komputer server tidak terbebani dengan tugas lain sebagai workstation.
  • Pada tipe jaringan Client Server, sistem backup data lebih baik, karena backup data dapat dilakukan terpusat di komputer server. Apabila data pada komputer client mengalami masalah atau kerusakan masih tersedia backup pada komputer server.
Kelemahan tipe jaringan Client Server :
  • Biaya mahal, karena membutuhkan komputer yang memiliki kemampuan tinggi yang difungsikan sebagai komputer server.
  • Kelancaran jaringan tergantung pada komputer server. Bila komputer server mengalami gangguan maka jaringan akan terganggu.

client server

Categories:
comments powered by Disqus