ipt>-->
Skip to Content

Pengenalan Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa unit komputer yang didesain sedemikian rupa sebagaimana tujuan utamanya yakni untuk dapat berbagi sumber daya (CPU, printer, scanner, plotter, hard disk, dll), berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi (situs web).

Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan jangkauan area atau lokasi, jaringan dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Personal Area Network (PAN) Saat anda menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse, headset wireless, kamera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat sekitar 4-10 meter, maka anda telah membentuk jaringan Personal Area Network. Selain dihubungkan langsung ke komputer lewat port USB, PAN juga sering dibentuk dengan teknologi wireless atau nirkabel bluetooth, ifrared atau WIFI. contoh gambarnya seperti dibawah ini:

PAN

  • Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Jaringan jenis ini biasanya menghubungkan antar komputer satu dengan lainnya atau bisa juga node satu dengan node lainnya. Daerah jangkauan LAN tidaklah terlalu jauh, radius antara 100 meter sampai 2000 meter, tergantung jenis kabel yang digunakan. Penerapan jaringan jenis ini biasanya dibangun untuk perkantoran skala kecil. contoh gambarnya seperti dibawah ini:

LAN

  • Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang memiliki area lebih besar dari LAN, biasanya antar wilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Jika suatu instansi atau perusahaan memiliki cabang dalam kota atau provinsi dengan jarak antara 10-50 km, dan setiap cabang saling berhubungan untuk bertukar data dan informasi, maka jaringan ini disebut jaringan MAN. contoh gambarnya seperti dibawah ini:

MAN

  • Wide Area Network (WAN) jaringan komputer jenis ini merupakan gabungan dari kedua jenis jaringan diatas, yang telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh yaitu dunia. sebuah WAN memiliki ruang lingkup yang sangat besar dan sudah menggunakan sarana satelit, wireless, ataupun kabel fiber optik.

WAN

Berikut adalah tabel Kategori jaringan berdasarkan area:

Jarak antar komputer Lokasi/Area Media Transmisi Jenis Jaringan
1 - 10 m Ruangan Kabel UTP atau wireless LAN LAN
100 m - 2 km Gedung perkantoran Kabel UTP atau Kabel Telepon LAN
1 - 10 km Kota Kabel fiber optic atau kabel telepon atau gelombang radio MAN
10 - <100 km Kabupaten, Provinsi Kabel fiber optic atau kabel telepon atau gelombang radio MAN
> 100 km Negara Kabel fiber optic atau satelit WAN
> 1000 km Benua Satelit WAN
> 10000 km Planet Satelit Internet
Categories:
comments powered by Disqus