Skip to Content

Pengertian Kabel Twisted Pair

Table of Contents

gambar

Twisted Pair – Sebagian besar orang (terutama orang IT) mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah twisted pair atau kabel pasangan yang berpilin. Jenis kabel tersebut biasa digunakan dalam membangun jaringan di suatu tempat seperti pada gedung perkantoran. Tapi sebenarnya apa itu kabel twisted pair ? kenapa kabel tersebut dipilin ?? Melalui artikel ini akan memberi penjelasan mengenai Twisted Pair.

Pengertian Kabel Twisted Pair

Twisted Pair adalah sebuah bentuk kabel dimana kedua konduktornya digabungkan dengan cara dipilin atau dipelintir dengan terlebih dahulu melapisi isolator pada bagian luar setiap konduktornya.

Menurut Id.Wikipedia.org Kabel Twisted pair merupakan media guided yang paling hemat dan paling banyak digunakan. Jenis media transmisi ini merupakan media transmisi yang paling umum untuk Media ini terdiri atas dua kawat yang disusun dan disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Sepasang kawat bertindak sebagai satu jalur komunikasi tunggal.

Beberapa pasangan kawat di bundle menjadi satu kabel dengan cara dibungkus dalam sebuah pelindung yang lebih keras. Masing-masing kawat diberi warna yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses wiringnya, terutama dalam pemasangan kabel kedalam konektor.

Fungsi Pemilinan

Adapun tujuan dari pemilinan atau pelintir kabel adalah untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan dan Cross Talk (yaitu gangguan berupa masuknya sinyal dari kanal lain yang letaknya berdekatan) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Macam-macam Twisted Pair
  1. Unshielded Twisted Pair atau UTP

gambar

adalah sebuah jenis kabel yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang murah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.

  1. Foiled Twisted Pair atau FTP

gambar

adalah sebuah jenis kabel yang dilengkapi dengan pelindung berbahan alumunium foil yang berada pada bagian bawah lapisan luar kabel. Pelindung tersebut berguna untuk mengurangi gangguan elektromagnetik. 3. Shielded Twisted Pair atau STP

gambar

adalah sebuah jenis kabel yang memiliki perlindungan dari alumunium foil untuk melindungi kabel dari intereferensi elektromagnetik luar. STP merupakan jenis kabel yang memiliki

gambar

Kategori Twisted Pair

Kabel twisted pair memiliki berbagai kategori yang berbeda fungsi dan data rates-nya.

Category Data Rate Kegunaan
CAT 1 1 Mbps Komunikasi Suara Analog
CAT 2 4 Mbps Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 3 10 Mbps Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 4 16 Mbps Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 5 100 Mbps Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 5e 1000 Mbps dengan frekuensi 100 MHz Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 6 1000 Mbps dengan frekuensi 200 MHz Komunikasi Data dan Suara Digital
CAT 7 10 Gbps dengan frekuensi 400 MHz Komunikasi Data dan Suara Digital
Jenis Konektor Kabel Twisted Pair

Jenis konektor yang digunakan untuk kabel ini adalah konektor seri Registered Jack (RJ), dan tergantung dari jenis kategorinya. Untuk kategori 2 sampai 4 menggunakan RJ11 (4-pin), sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ45.

gambar

Standar Susunan Warna Kabel Twisted Pair

Pada umumnya, terdapat Standar Internasional yang digunakan dalam urutan warna kabel Twisted Pair yaitu TIA/EIA 568A dan TIA/EIA 568B.

gambar

Susunan Kabel Straight

Kabel straight adalah teknik penyusunan warna dengan menggunakan urutan warna yang sama di kedua ujung kabel UTP tersebut. Jika Anda menggunakan susunan standar TIA/EIA 568A di ujung pertama maka ujung kedua juga menggunakan standar TIA/EIA 568A. Begitu juga ketika Anda menggunakan standar TIA/EIA 568B (yang paling umum digunakan) maka ujung kabel kedua juga harus menggunakan susunan standar yang sama pula. Perhatikan gambar berikut ini.

gambar

Susunan Kabel Crossover

Berbeda dengan kabel straight, kabel crossover berarti teknik penyusunan warna kabel dengan menggunakan urutan yang berbeda antara ujung kabel pertama dengan kedua. Misalnya, jika Ujung 1 menggunakan standar TIA/EIA 568B, maka Ujung 2 menggunakan standar EIA/TIA 568A. Perhatikan gambar berikut ini

gambar

Perbedaan Kabel Straight dan Crossover Berdasarkan Fungsi

Pada dasarnya, kabel straight digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda. Contoh Penggunaan:

  • Menghubungkan Komputer dengan Switch
  • Menghubungkan Switch dengan Router
  • Menghubungkan Hub dengan Router
  • Menghubungkan Router dengan Access Point
  • Menghubungkan Switch dengan Access Point
  • Menghubungkan Modem dengan Switch

Sedangkan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan dua device yang sama. Contoh Penggunaan:

  • Menghubungkan Komputer dengan Komputer
  • Menghubungkan Switch dengan Switch
  • Menghubungkan Hub dengan Hub
  • Menghubungkan Router dengan Router
comments powered by Disqus