Skip to Content

Perawatan Komputer

Table of Contents

head

Setelah mengetahui cara merakit komputer dan menginstal perangkat lunak, berikutnya akan dibahas cara perawatan dan perbaikan komputer. Komputer yang telah di Rakit dan terinstal software sehingga siap digunakan perlu diberikan perawatan pemeliharaan agar aman dan usia pakainya lebih panjang. Selain itu, tentu saja perawatan juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang akan berpengaruh pada produktivitas kerja menggunakan komputer. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kendala terjadi yang disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, Kita juga harus mengetahui jenis dan penyebab kerusakan yang biasa terjadi pada komputer beserta dengan cara menanganinya.

A. Perawatan (Maintenance)

1. Pemeliharaan Lingkungan

Lingkungan merupakan hal pertama yang penting untuk diperhatikan dalam perawatan komputer titik lingkungan yang bersih akan memberikan pengaruh positif juga terhadap kinerja komputer titik begitu juga sebaliknya koma beberapa kendala sering ditemukan yang disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap lingkungan. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan komputer yang berkaitan dengan lingkungan:

  • suhu udara ruangan yang baik untuk menyimpan komputer adalah suhu kamar, yaitu antara 20 derajat Celcius sampai 25 derajat Celcius. Suhu ruangan yang terlalu dingin menyebabkan kelembaban dan memicu timbulnya jamur pada perangkat komputer. suhu udara ruangan yang panas, selain tidak nyaman untuk bekerja juga tidak akan optimal dalam pendinginan suhu komputer.

  • jika tidak ada sirkulasi udara dalam ruangan koma gunakan air conditioner (AC) Agar udara bersirkulasi dan suhu terjaga. Jangan gunakan kipas angin pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara karena hanya akan membuat udara kota berputar di dalam ruangan.

  • tempatkan komputer pada permukaan kering dan tidak menempel pada dinding (berikan jarak yang cukup dengan dinding). permukaan yang lembab/ basah dapat menimbulkan konsleting listrik.

  • selalu hindarkan komputer dari debu. debu yang masuk ke dalam CPU dapat menempel pada kipas CPU maupun kipas processor sehingga memperlambat kecepatan putaran yang mengakibatkan tidak optimalnya proses pembuangan panas dari prosesor maupun CPU. debu juga akan menempel pada komponen dan bercampur lembab akan mengeras membentuk kerak bahkan karat. Selain itu, debu yang terkumpul dalam CPU tidak baik bagi kesehatan jika terhirup oleh tubuh.

head

  • Bersihkan ruangan dengan penyedot debu (vacuum cleaner), hindari membersihkan ruangan dengan sapu karena akan membuat debu beterbangan. mengepel dapat menjadi alternatif lain selain menyapu. untuk membersihkan komputer, dapat menggunakan lup maupun kuas. jika sudah tidak digunakan, komputer dapat ditutup menggunakan kain penutup.

head

  • hindari makan dan minum saat menggunakan komputer untuk menghindari mengenai komputer. makanan yang jatuh ke bawah meja juga bisa memancing datangnya hewan maupun serangga misalkan tikus dan kecoa. tikus biasanya suka menggigit kabel yang ada di sekitarnya, sedangkan kecoa biasanya buang air pada komponen komputer.

head

  • jauhkan komputer dari benda-benda yang bisa memicu api/ mudah terbakar seperti rokok, alkohol. selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga dapat menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

  • beberapa alat keamanan juga perlu kita sediakan Seperti alat pemadam api ringan (APAR), kotak P3K, atau antiseptik tangan.

head

  • jauhkan komputer dari jangkauan anak-anak, bila tidak didampingi orang tua

2. PERAWATAN KOMPUTER

Selain faktor lingkungan, berikutnya adalah perawatan/ pemeliharaan komputer itu sendiri. setelah memastikan lingkungan terpelihara dengan baik, selanjutnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komputer agar lebih aman dan awet, diantaranya sebagai berikut:

  • listrik merupakan sumber tenaga utama yang dibutuhkan oleh komputer. selain padamnya listrik, stabilitas tegangan listrik yang turun naik merupakan kendala dan salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada komponen komputer, khususnya hardisk. stabilizer uninterruptible power supply (UPS) dapat digunakan sebagai alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Ups memiliki kelebihan dibandingkan dengan stabilizer, yaitu kemampuan menyimpan daya sehingga dapat membackup listrik sementara sehingga komputer dapat di shutdown.

head

  • perhatikan arah tiupan angin dan sirkulasi pada casing CPU. pastikan arah tiupan angin kipas CPU sesuai dengan sirkulasi yang ada pada casing CPU agar suhu perangkat di dalam CPU tetap terjaga. udara dingin yang masuk tidak boleh berlawanan arah dengan udara panas yang keluar, Perhatikan gambar dibawah ini. Jika perlu, kita bisa menambahkan beberapa kipas dalam casing CPU selamat tidak berlebihan karena dapat membebani daya pada power supply.

head

  • gunakan power supply sesuai tegangan listrik yang diperlukan oleh seluruh perangkat dalam CPU. jika perangkat yang digunakan banyak, maka daya yang diperlukan juga banyak sehingga kita memerlukan power supply dengan tegangan yang lebih besar misalkan 500 watt. jika komputer kekurangan daya, maka kinerja nya akan terganggu. misalkan ada perangkat yang tidak terbaca, tegangan menjadi tidak stabil sehingga terjadi restart berulang (bootloop) yang Tentu saja tidak baik untuk perangkat.

head

  • hard disk merupakan perangkat yang penting dalam penyimpanan dan pengambilan data selama proses bekerja dengan komputer berlangsung. suhu hardisk bisa menjadi sangat panas ketika proses yang dikerjakan tinggi. suhu hardisk yang tinggi dapat memperpendek usia pakainya, walaupun hardisk diberikan garansi, tetapi tidak dengan datanya. oleh karena itu, diperlukan pendingin khusus untuk hardisk dikarenakan kipas CPU tidak akan cukup untuk menjaga suhu hardisk. suhu hardisk yang terjaga dapat menjaga kinerja nya tetap maksimal dan awet.

head

  • kebersihan fisik komputer juga harus selalu dijaga, umumnya komputer yang kotor disebabkan oleh debu. komputer yang kotor selain tidak nyaman untuk digunakan bekerja, juga dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga pernafasan, untuk membersihkan komputer dapat menggunakan lap maupun kuas atau menggunakan komputer cleaning kit.

head

  • Jika daerah tempat kita tinggal berada di dataran tinggi yang memiliki curah hujan tinggi dan sering terjadi banyak petir, disarankan agar menggunakan sekring atau akan lebih baik penangkal petir (Surge Protector). karena sambaran petir sering membuat lompatan tegangan listrik melebihi batas toleransi komponen komputer. Hal itu menyebabkan rusaknya beberapa komponen seperti power supply, motherboard, hardisk, dan komponen lainnya. penggunaan sekring juga dapat memutus aliran listrik saat terjadi lompatan tegangan listrik yang melebihi kapasitas sekring. beberapa jenis Ups dan stabilizer juga dilengkapi dengan listrik dan sekering.

hardisk perlu kestabilan saat bekerja, jika tiba-tiba listrik padam maka terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track recording pada hardisk. jika itu terjadi maka timbullah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika kita cek melalui scan disk. bad sector tidak bisa diisi file untuk operasional sistem maupun penyimpanan data, sehingga akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri. karena itu disarankan untuk menggunakan GPS atau sebagai backup listrik saat terjadi mati lampu agar komputer tetap hidup untuk beberapa waktu sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur. jika bad sector terjadi pada track 0 suatu hardisk, akan menyebabkan harddisk tersebut tidak dapat digunakan oleh sistem operasi.

Categories:
comments powered by Disqus