Skip to Content

Bagian-bagian Microsoft Excel Beserta Fungsinya

Table of Contents

Setelah mengenal microsoft Excel sekarang kita akan berkenalan dengan user interface atau tampilan antar muka microsoft Excel. Mengetahui fungsi bagian-bagian microsoft excel ini penting agar produktifitas kita dalam menggunakan excel menjadi lebih optimal.

Semenjak dikenalkannya microsoft office Excel versi 2007, ada banyak perubahan dalam hal tampilan pada excel. Sedangkan pada versi-versi selanjutnya (excel 2010, excel 2013 dan yang terakhir excel 2016) hanya terdapat sedikit perubahan.

Start Screen pada Excel

Semenjak versi excel 2013, microsoft mulai memperkenalkan startscreen atau tampilan awal seperti dibawah ini saat anda pertama kali membuka aplikasi microsoft office excel.

image

Tampilan start screen ini di bagi dalam 2 panel.

  1. Panel Sebelah kiri akan anda temukan daftar dari file-file excel yang baru kita buka sebelumnya. Pada bagian kiri start screen excel ini juga akan kita temukan sebuah tombol atau menu Open Other workbooks ada ada dibagian bawah panel kiri ini. Menu ini bisa kita fungsikan untuk memilih file simpanan yang akan kita buka jika kita hendak membuka file yang tidak terdapat pada daftar file diatasnya.

  2. Panel sebelah kanan terdapat defaut template yang tersedia pada microsoft excel. Jika tempalte yang kita butuhkan tidak ada, kita bisa menggunakan kotak pencarian pada bagian atas untuk melakukan pencarian template excel dari database yang dimiliki oleh microosft excel secara online.

Untuk membuka file baru klik/pilih pada daftar pertama yang bernama Blank Workbook. Selain memilih template blank workbook kita bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+N untuk membuka file kosong baru.

Pada microsoft office 2013 start screen ini akan terbuka secara default saat kita membuka microsoft excel. Jika anda menghendaki langsung membuka Blank workbook, start screen ini bisa kita non aktifkan dengan cara membuka File–Options–General dan pada kelompok start up option hilangkan centang pada bagian Show the start screen when the application starts seperti yang bisa Anda lihat pada gambar berikut.

gambar

Application Window pada Excel

Setelah berhasil membuka Blank Workbook maka anda akan mendapatkan tampilan aplikasi yang kurang lebih semacam dibawah ini.

gambar

Beberapa bagian dari tampilan jendela aplikasi excel adalah sebagai berikut:

  1. Quick Acces Toolbar: Bagian ini memuat Buttons atau tombol-tombol menu umum yang sering kita gunakan. Tombol-tombol ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

  2. Ribbon: Bagian ini merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan fungsi-fungsinya mulai Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View. dan Tab Developper yang secara default disembunyikan.

  3. Formula Bar: Bagian ini menunjukkan alamat cell yang aktif beserta isinya. Formula bar juga merupakan tempat dimana nanti kita akan menuliskan rumus atau formula excel.

  4. Worksheet Area: Sering disbut juga sebagai Workspace. Berisi kumpulan cell yang diidentifikasi berdasarkan kolom (Column) dengan simbol huruf A, B, C dst. dan baris (Row) dengan simbol angka 1, 2, 3 dst. Didalam cell inilah kita menyusun data-data sesuai kebutuhan.

  5. Status Bar: Bagian ini menunjukkan informasi status program Excel yang sedang berjalan.

Backstage View

gambar Tampilan Backstage View ini akan muncul saat kita meng-klik menu file yang ada disebelah Tab Home Pada Ribbon. Backstage view ini mulai diperkenalkan sejal versi Excel 2010.

Pada backstage view ini, akan kita temukan informasi yang terkait dengan file excel yang sedang kita buka serta menu atau tombol option untuk pengaturan excel.

Ribbon Excel

gambar

  1. Tabs Menu: Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilaknnya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.

  2. Group Menu: Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.

  3. Command Buttons: Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.

  4. Dialog Box Launcher: Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Contextual Tabs

gambar

Ketika menyeleksi object-object tertentu pada Excel, akan muncul Tab baru yang pada awalnya tidak ada. Dalam tab ini berisi command button atau tombol perintah yang memang dikhususkan untuk object yang kita select tersebut.

Sebagai contoh ketika saya menambahkan Sebuah Chart didalam excel dan Chart tersebut saya klik maka muncul Contextual Tabs “Chart Tools” yang terdiri dari dua tab, Design dan Format.

sumber https://www.kelasexcel.web.id/
comments powered by Disqus