Skip to Content

Formula Bar Pada Microsoft Excel

Table of Contents

Apa yang dimaksud formula pada microsoft excel?

Formula bar adalah kotak persegi panjang yang berfungsi untuk menampilkan dan mengedit isi dari sebuah sel yang sedang aktif. Bagian ini difungsikan pula sebagai tempat memasukkan rumus serta untuk mengedit atau memperbaiki rumus excel yang telah dibuat.

Selain mengetik langsung pada sebuah sel aktif kita bisa melakukan input data atau menuliskan rumus-rumus excel pada bagian formula bar ini.

Formula bar terletak diantara ribbon dan worksheet area atau workspace.

![gambar](/img/skd/formula-bar/Formula Bar Excel.png)

Name Box

Pada bagian sebelah kiri formula bar di sebut dengan Name Box yang menunjukkan alamat sel atau nama dari sel atau range yang sedang aktif.

Pada bagian name box ada icon segitiga kecil yang jika anda pilih akan menunjukkan dafatr nama-nama sel atau range atau nama lain yang sedang digunakan pada workboook file yang sedang anda buka.

![gambar](/img/skd/formula-bar/Name Box Excel.png)

Jika file membuka file baru, nama-nama tersebut tentunya juga masih kosong.

CANCEL, ENTER, INSERT FUNCTION

Diantara namebox dan formula bar ada 3 buah icon yang masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut:

![Cancel, Enter, Insert Function](/img/skd/formula-bar/Cancel, Enter, Insert Function.png)

  1. Ikon Cancel (x) : Tombol ikon ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol Esc pada keyboard, yakni untuk membatalkan perubahan atau editing data yang kita lakukan pada formula bar atau sel aktif.

  2. Ikon Enter (✓) : Tombol ikon centang ini berfungsi seperti tombol enter pada keyboard, digunakan untuk menerima input data ataua perubahan pada sel aktif atau formula bar.

  3. Ikon Insert Function (fx) : Jika anda melakukan klik pada icon ini maka sebuah kotak jendela insert function akan terbuka. Pada jendela munculan ini dapat kita temukan dafaftar fungsi excel yang bisa kita gunakan untuk menyusun sebuah rumus exel sesuai kebutuhan.

MERUBAH TINGGI FORMULA BAR

Secara default ukuran formula bar hanya muat untuk menampilkan 1 baris input data saja. Area formula bar ini bisa kita perluas dengan memilih icon segitiga yang ada di ujung sebelah kanan dari formula bar.

![Merubah Tinggi Formula Bar](/img/skd/formula-bar/Merubah Tinggi Formula Bar.png)

Untuk mengembalikan ukuran formula bar lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

![Merubah Ukuran Formula Bar](/img/skd/formula-bar/Merubah Ukuran Formula Bar.png)

MENYEMBUNYIKAN/MENAMPILKAN FORMULA BAR

Seperti pada ribbon Excel, formula bar juga bisa kita sembunyikan untuk memperluas area kerja (workspace). Caranya adalah dengan menghilangkan centang pada bagian Formula bar yang ada di Tab VIEW – Show – Formula Bar.

![Menyembunyikan/Menampilkan Formula Bar](/img/skd/formula-bar/Menyembunyikan-Menampilkan Formula Bar.png)

Untuk menampilkan kembali formula bar yang disembunyikan bisa dilakukan dengan mengklik atau mencentang bagian tersebut.

comments powered by Disqus