Skip to Content

Pengertian Workbook Dan Worksheet

Table of Contents

Sebelumnya kita sudah sedikit belajar tentang bagian-bagian dari tampilan antarmuka microsoft excel beserta fungsinya. Sekarang kita akan mempelajari tentang perbedaan Workbook (Buku Kerja) dan Worksheet (Lembar Kerja) pada excel serta pengertian istilah Column (Kolom) dan Row (Baris) dan juga pengertian Cell (Sel) dan Range (Rentang) pada microsoft excel serta bagaimana menggunakan kedua bagian excel tersebut.

Sebelum mengenal excel saya yakin sebagian besar dari kita lebih mengenal microsoft word terlebih dahulu sebagai bagian dari paket aplikasi microsoft office yang memang di fungsikan untuk menulis dokumen-dokumen dalam susunan paragraf-paragraf kalimat sesuai kebutuhan.

Meskipun sama-sama bisa digunakan untuk membuat dokumen, fungsi dasar excel berbeda dengan Ms. Word. Microsoft word lebih difungsikan untuk mengolah kata sedangkan excel digunakan untuk mengolah angka.

Area kerja microsoft excel tidak seperti microsoft word yang tampilannya merupakan lembaran-lembaran seukuran kertas cetak. Pada microsoft excel, tempat kita mengolah angka ini dibagi ke dalam beberapa bagian yang pada masing-masing bagiannya dibagi-bagi lagi lebih kecil untuk mempermudah kita melakukan pengolahan data yang sebagian besar merupakan nominal angka.

Perbedaan Workbook dan Worksheet pada Excel

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan workbook dan worksheet pada excel silahkan perhatikan tampilan lembar kerja excel berikut:

gambar

Workbook Excel

Definisi Workbook - Buku kerja dalam microsoft excel disebut dengan Workbook. Setiap file excel pasti memiliki 1 workbook. Untuk itu sebuah file excel yang biasanya berextensi xlsx, xlsb atau xlam bisa juga disebut sebagai workbook atau buku kerja.

Workbook adalah tempat atau area dimana kita melakukan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel. Pengertian Workbook juga bisa diartikan sebagai file excel yang berisi kumpulan dari 1 worksheet atau lebih. Sehingga bisa juga diartikan bahwa workbook dalam microsoft office excel merupakan kumpulan dari worksheet.

Worksheet Excel

worksheet adalah bagian dari workbook, tempat dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya. Jika workbook atau buku kerja microsoft excel merupakan sebuah buku maka worksheet atau lembar kerja excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut.

Jadi worksheet adalah bagian lebih kecil dari Workbook dan koleksi atau kumpulan worksheet pada dokumen excel disebut dengan workbook. Sebuah worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) satu dan kolom (Column) A. Setiap sel dapat berisi angka, teks atau formula. Sebuah sel juga mungkin berdasarkan referensi dari sel lain dalam worksheet yang sama, Workbook yang sama atau Workbook yang berbeda.

Sebuah worksheet atau lembar kerja excel terbagi dalam baris dan kolom pertemuan antara baris dan kolom disebut dengan sel (cells) excel.

Perbedaan Kolom dan Baris Excel

gambar

Kolom Excel

Kolom atau dalam istilah lain column merupakan bagian yang melintang vertikal ke atas yang ditandai dengan huruf A,B,C, dan seterusnya.

Baris Excel

Baris yang dalam bahasa Inggris disebut row merupakan bagian dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan angka 1,2,3 dan seterusnya.

Perbedaan Sel dan Range Excel

gambar

Sel Excel

Pertemuan antara kolom dan baris yang merupakan sebuah kotak-kotak kecil pada worksheet disebut dengan sel (Cell).

Sel pada excel merupakan istilah untuk titik pertemuan antara kolom dan baris pada sebuah worksheet tempat dimana kita memasukkan teks, angka maupun formula atau rumus excel.

Sebuah sel biasanya diberi nama atau alamat sesuai nama kolom dan nomor barisnya misalnya Sel C5, artinya merujuk pada sel yang ada dikolom C pada baris nomor 5.

Range Excel

Range atau rentang excel marupakan kumpulan dari beberapa sel pada sebuah worksheet excel.

Mulai excel 2007 jumlah kolom yang disediakan oleh excel adalah 16.384, sedangkan jumlah barisnya ada 1.048.576. artinya pada sebuah worksheet memuat 17 Milliar sel atau angka tepatnya 17.179.869.184 sel.

Bekerja dengan Worksheet Excel

Saat membuat sebuah file baru, excel secara defaut menyediakan 3 worksheet yang diberi nama Sheet 1, Sheet 2 dan Sheet 3.

Dengan adanya worksheet maka kita akan lebih mudah dalam melakukan menejemen set data pada file excel yang kita buat. Misalnya pada sheet 1 kita isi dengan data pengeluaran, sheet 2 kita isi data pemasukan sedangkan pada sheet 3 kita gunakan sebagai tempat menyusun laporannya.

Apakah hanya itu saja? tentu tidak selanjutnya kita akan belajar tentang hal-hal yang bisa kita lakukan dengan worksheet excel ini.

Menambah Worksheet Baru

Untuk menambah sebuah worksheet bisa dilakukan dengan klik tanda plus (+) yang ada disebelah tab worksheet.

![gambar] (/img/skd/worksheet-dan-workbook/Menambahkan-Sheet-Excel.png)

Cara lain adalah dengan menuju Tab Home – Group Cells – Insert lalu pilih Insert Sheet.

gambar

Cara pertama akan menambahkan worksheet baru disebelah kanan, sedangkan cara kedua akan menambah worksheet di sebelah kiri dari Tab worksheet.
Jumlah worksheet yang bisa kita tambahkan dibatasi oleh memory komputer yang tersedia.

Menghapus Worksheet

Jumlah worksheet standar yang muncul ketika membuka program excel adalah 3 (tiga). Jika tidak diperlukan lagi, anda bisa menghapus satu atau beberapa worksheet dan hanya menyisakan satu worksheet saja.

Untuk menghapus worksheet caranya adalah dengan klik kanan pada worksheet yang akan dihapus kemudian pilih menu Delete.

gambar

Cara kedua adalah menghapus melalui menu Delete Sheet yang ada di Tab Home – Group Cells – Delete.

gambar

Jika dalam sheet tersebut terdapat data tertentu excel akan menampilkan sebuah pesan peringatan yang menyatakan bahwa sheet akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Berpindah Antar Worksheet

Cara untuk berpindah dari sheet satu ke sheet yang lainnya adalah dengan memilih (klik) nama sheet yang ada dibagian worksheet Tab.

Anda juga bisa pindah sheet excel tanpa mouse. Cara cepat pindah sheet dengan keyboard adalah dengan shortcut Ctrl+PgUp untuk pindah ke sheet barikutnya atau dengan Ctrl+PgDn untuk berpindah ke sheet sebelumnya.

Mengubah Urutan Worksheet

Untuk merubah posisi worksheet dalam urutan Tab bisa dilakukan dengan cara klik dan tahan worksheet yang akan dipindahkan, kemudian tarik dan posisikan pada urutan yang dikehendaki pada tab worksheet.

gambar

Menyembunyikan Dan Menampilkan Worksheet

Untuk menyembunyikan worksheet tertentu lakukan klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih menu Hide.

gambar

Untuk menampilkan worksheet yang tersembunyi caranya dengan klik kanan pada bagian salah satu nama worksheet yang ada di Tab Worksheet, lalu pada menu yang muncul pilih Unhide. Dari daftar atau list worksheet yang tersembunyi pilih saah satu yang akan ditampilkan kemudian klik OK.

gambar

Mengubah Nama Worksheet

Agar lebih mencerminkan isi set datanya, sebuah Worksheet perlu kita rubah namanya agar lebih mudah kita ingat.

Caranya dengan melakukan klik kanan lalu pada salah satu wroksheet yang akan kita rubah namanya kemudian pada contextual menu yang muncul pilih rename. Hal ini bisa juga kita lakukan dengan cara yang lebih mudah yakni dengan melakukan double klik pada nama worksheet.

Untuk selanjutnya Nama worksheet tersebut bisa kita rubah sesuai kebutuhan.

gambar

sumber https://www.kelasexcel.web.id/
comments powered by Disqus