Skip to Content

Rumus Excel Average

Table of Contents

Dengan menggunakan office excel anda tidak akan kesulitan untuk mencari rata-rata nilai, sebab microsoft excel sudah menyediakan fungsi khusus untuk menghitung nilai rata-rata sekelompok data, yakni dengan menggunakan fungsi AVERAGE Excel.

Rumus rata-rata excel sendiri merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyak data. Pada umumnya nilai rata-rata digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data.

Pengertian Fungsi Average

Fungsi Average adalah salah satu fungsi microsoft excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai argumen yang diberikan pada beberapa sel atau range data. dengan kata lain fungsi AVERAGE adalah fungsi dalam excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai.

Pada microsoft excel, fungsi average termasuk ke dalam kategori fungsi statik.

Menggunakan Fungsi Average

Cara menghitung rata-rata di excel dengan menggunakan fungsi excel average adalah sebagai beriku:

AVERAGE(ANGKA1;ANGKA2;...)

Sintak atau cara penulisan fungsi excel average di atas memiliki argumen berikut:

  • Average
    Nama fungsi excel untuk menghitung nilai rata-rata
  • Angka1 (Wajib di isi) Argumen angka pertama, regerensi sel, atau rentang yang akan kita hitung nilai rata-ratanya.
  • Angka2
    (opsional) Angka tambahan lain, referensi sel, atau rentang yang ingin dihitung rata-ratanya, hingga maksimum 255.

Menghitung Rata-Rata di Excel dengan Rumus Average

Silahkan lihat contoh penggunaan rumus average dalam microsoft excel berikut:

‘contoh rumus average’

=AVERAGE(A2:A7)

Pada contoh diatas, rumus average excel digunakan untuk mencari rata-rata nilai pada range A2:A7, hasilnya adalah 20. Angka 20 ini didapat dari perhitungan rata-rata nilai berikut:

(20+30+20+10+30+10)/6 = 120/6 = 20

Jika referensi sel atau renge berisi teks, nilai logika atau sel kosong, nilai-nilai itu akan diabaikan akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan/tetep dihitung seperti pada contoh diatas.

selanjutnya perhatikan contoh rumus average excel berikut:

‘contoh rumus average’

pada contoh average diata, jika kita menghitung rata-rata nilai untuk range A2:A7 dengan rumus berikut:

=AVERAGE(A2:A7)

maka evaluasinya akan mengabaikan sel-sel yang berisi teks (A3), nilai logika (A5) dan sel kosong (A6). Sehingga hanya 3 sel yang dihitung rata-ratanya. Bukan 5 sel.

(20+20+20)/3 = 60/3 = 20

Jika kita ingin menyertakan nilai logika dan teks yang merepresentasikan angka dalam sebuah referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA

Rumus Rata-rata Excel lain

Fungsi Average pada excel tidak bisa digunakan untuk menentukan rata-rata nilai dengan syarat atau kriteria tertentu. Apabila anda ingin mengitung rata-rata nilai di excel dengan syarat atau kriteria tertentu, maka gunakanlah fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS.

Sekian pembahasan kali ini tetang cara menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata nilai di EXCEL.

comments powered by Disqus