Skip to Content

Rumus Vlookup Dan Hlookup

Table of Contents

Pengertian

Sebelum mempelajari cara menggunakan vlookup excel, kita perlu tahu apa itu fungsi Vlookup pada microsoft excel.

Fungsi atau Rumus Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut.

Dengan rumus Vlookup pada Microsoft Excel ini kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai kunci yang spesifik.

Salah satu contoh penggunaan fungsi Vlookup adalah untuk Konversi Rentang Nilai Angka ke Huruf Pada Excel

Awalan huruf “V” didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.

Fungsi rumus Vlookup Excel ini tersedia disemua versi Ms. Excel, Baik versi Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP maupun Excel 2000.

Menggunakan Fungsi Vlookup

Cara menggunakan fungsi Vlookup di excel mengikuti kaidah penulisan berikut:

VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])

Keterangan

  1. NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.
  2. TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.
    NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.
  3. RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.
  4. TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.
  5. FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

Contoh Rumus Vlookup

Perhatikan contoh sederhana Rumus Vlookup excel berikut ini:

gambar

=VLOOKUP(C9;A2:E7;2;FALSE)

Pada contoh pertama (warna kuning) fungsi Vlookup mencari nilai dari cel C9 (3) pada kolom Nomor. Angka 3 ditemukan pada baris ke-4 dari tabel data A2:E7. dan hasilnya adalah nilai sel yang sebaris pada kolom ke 2.

Untuk rumus berikutnya hanya berbeda nomor kolom yang diambil , yakni kolom nomor 3,4 dan 5.

Perhatikan contoh kedua (warna biru) diatas. Apabila RangeLookup diatur “False” dan data yang dicari tidak ditemukan maka fungsi Vlookup excel akan menghasilkan nilai error #NA.

=VLOOKUP(C15;A2:E7;2)

Rumus Vlookup diatas mencari nilai angka 7 (Sel C15) pada kolom Nomor. Karena menggunakan RangeLookup “False” dan data tidak ditemukan maka Rumus Vlookup menghasilkan pesan kesalahan #NA

Jika RangeLookup adalah “TRUE” atau dikosongkan, nilai-nilai di kolom pertama TabelReferensi harus ditempatkan dalam urutan naik, jika tidak, VLOOKUP kemunginan tidak menghasilkan nilai yang benar.

comments powered by Disqus